logo blog

Jumat, 11 Mei 2012

RESENSI KEKUATAN YANG TERSEMBUNYI

RESENSI
KEKUATAN YANG TERSEMBUNYI
Disusun Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah
Bahasa Indonesia
Dosen Pembimbing
Drs. Muhammad Sahri, M. Pd










Oleh :
Abd. Ghofur

PROGRAM STUDI PAI
SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM (STAI AL-QOLAM )
MALANG
2011

Sebuah Motivasi Yang Mengugah Jiwa
Judul Buku : The Power Of Kepepet
Penulis : Jaya Setiabudi
Penerbit : Gramedia Pustaka Utama
Terbit : Desember 2008
Halaman : 144 Halaman
Harga : Rp. 35. 000,-
Semua orang merasakan ketakutan untuk memulai sesuatu, apalagi kalau itu berhubungan dengan modal alias uang. Tak hanya itu, waktu, keahlian, dan pengalaman juga kadang kala menjadi momok bagi seseorang untuk melakukan sesuatu.
Tapi tidak bagi Jaya Setiabudi. “Lebih baik kecil jadi bos, daripada gede jadi kuli.” Itulah pesan orangtua yang selalu terngiang di benak Jaya Setiabudi yang akhirnya mendorong dia untuk sungguh-sungguh menjadi seorang entrepreneur, menjadi bos beberapa perusahaan. Pengalaman jatuh bangun menjadi seorang entrepreneur itulah yang dituangkan dalam buku ini. Dia ingin menjawab apa yang selalu dibutuhkan orang-orang ketika hendak menjadi seorang pengusaha. Bagaimana caranya? Berguru pada siapa? Mulai dari mana? Modalnya bagaimana? Urusan tempat bagaimana?
Modal dan motivasi yang paling awal sekaligus paling dahsyat adalah Anda harus menempatkan diri dalam “Kondisi Kepepet”. Anda harus menciptakan kondisi tersebut karena kondisi itu akan memacu kreativitas Anda untuk mencari jalan keluar. Tak mengherankan banyak yang mengatakan, “Kepepet merupakan motivasi terampuh, 97 persen orang termotivasi karena kepepet.”




Dengan bahasa sehari-hari yang sangat ringan, Jaya menuturkan secara jelas dan terbuka mengenai apa saja yang kita perlukan untuk mengarahkan diri kita menjadi seorang entrepreneur: mulai dari menciptakan kondisi kepepet, membuat hitung-hitungan bila hendak membuka usaha, bagaimana menjalankan usaha itu agar memberikan penghasilan yang memadai, dan yang penting “jangan overdosis!” Anda harus bisa mengukur kekuatan diri. Bila Anda sudah berkeluarga, semua langkah harus dikomunikasikan kepada keluarga karena apa yang Anda lakukan akan sangat mempengaruhi kehidupan Anda sekeluarga.
Menurut saya Buku ini seru sekali, memanfaatkan kekuatan kepepet sebagai salah satu modal untuk membuat usaha. Banyak cerita-cerita di dalamnya, dan kebanyakan adalah cerita nyata. Secara umum buku ini enak dibaca dan tulisannya sangat mudah dicerna, sehingga dapat mendorong supaya orang mau berwirausaha.
Yang menarik adalah peringatan di halaman sampul buku ini, bahwa penggunaan buku secara berlebihan dapat menimbulkan efek-efek yang buruk, misalnya perceraian, hutang yang menumpuk. Dan buku ini sangat cocok untuk dibaca oleh kalangan mudah yang memang sangat membutuhkan motivasi dalam mengahadapi hidup.


EmoticonEmoticon